"TELEVISI DAN KOMPUTER LEBIH DISUKAI DARIPADA MEMBACA ; Tugas 1"

TELEVISI DAN KOMPUTER LEBIH DISUKAI DARIPADA MEMBACA

• PENGERTIAN MEMBACA
Membaca adalah salah satu cara agar seserang dapat menambah pengetahuan. Kita dapat membaca apa saja yang dapat dan kita inginkan untuk membacanya. Para pendidik biasanya menggunakan cara membaca agar murid-muridnya dapat mengenali kata secara otomatis, memahami teks, dan termotivasi membaca dan mengapresiasi bacaan. Tujuan-tujuan tersebut sangat membantu pelajar untuk menambah pengetahuan. Dengan membaca, kita akan mengetahui apa yang terjadi di dunia ini, baik pada masa lampau ataupun pada masa sekarang ini.

• TEKNOLOGI
Teknologi adalah suatu alat yang diciptakan manusia untuk membantu manusia mempermudah pekerjaannya. Dengan teknologi, sesuatu dapat lebih mudah dan lebih cepat. Teknologi pada zaman sekarang ini bukan lah hal yang baru bagi kehidupan sehari-hari. Pengaruh teknologi meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Teknologi memiliki dampak positif dan negative bagi para penggunanya. Dampak positifnya adalah membantu orang mempermudah pekerjaan, membantu orang untuk memperoleh informasi, dan menjadi sarana untuk melakukan kegiatan bisnis. Sedangkan dampak negative nya antara lain: menyebabkan orang malas melakukan sesuatu secara manual, terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai ataupun norma yang dianut oleh masyarakat. Akan tetapi, menurut saya hal tersebut tergantung dengan penggunanya masing-masing.

• TELEVISI DAN INTERNET
Televisi dan internet adalah beberapa contoh dari teknologi. Televisi dan internet bukan lah suatu barang yang sangat sulit didapat. Jika kita jalan-jalan kemana saja, maka kita akan menjumpai televisi dan internet. Televisi menjadi salah satu momok yang ditakutkan oleh para orang tua. Para orang tua takut anak-anak nya menjadi malas belajar dengan adanya televisi. Orang tua saya juga merasakan demikian. Ketika saya dan adik-adik saya menonton televisi pada malam hari, pasti orang tua saya langsung menyuruh kami masuk kamar dan belajar. Setelah itu pasti saya dan adik saya mengoceh tidak jelas, karenamerasa terganggu kesenangan menonton TV nya dan diharuskan belajar. Akibat adanya Tv, seseorang pun malas melakukan apa saja, termasuk belajar. Jika matii lampu, dan TV tidak bisa hidup, maka banyak orang yang merasa bingung harus melakukan apa. Kerena itu lah TV menjadi sesuatu yang di butuhkan orang. Yaitu sebagai sarana penghibur.
Kemajuan yang pesat dalam bidang elektronika menyebabkan kemampuan komputer menjadi lebih berkembang. Dengan adanya komputer, seseorang dapat menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar. Selain itu, computer menjadi salah satu sarana untuk menghubungkan manusia yang satu dengan yang lainnya dimana saja, antar kota, antar pulau, antar provinsi, bahkan antar benua. Semua itu dapat dilakukan dengan computer dan tentu saja dengan salah satu kemudahan yang diberikan computer tersebut, yaitu internet. Dengan internet, seseorang dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi di dunia bahkan dapat berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenalnya ataupun yang sudah di lupakannya. Seperti hal nya saya, saya dapat berkomunikasi dengan teman-teman lama saya yang keberadaannya saja sudah tidak saya ketahui. Tetapi, dengan adanya internet, hal itu dapat terjadi. Sejak ada Internet, kekhawatiran orang tua terhadap anaknya pun semakin meningkat. Seperti di Tv, banyak aanak-anak remaja yang dijual akibat penggunaan internet. Dan hal tersebut berdampak pada saya juga, orang tua saya jadi sedikit marah jika saya buka internet dan main Facebook. Mereka takut kalau saya menjadi salah satu korbannya. Selain karena hal tersebut, dengan adanya internet dan Tv, banyak anak-anak yang lebih suka menonton TV dan main internet daripada membaca. Menurut mereka, membaca itu sangat membosankan. Mereka lebih senang main game ataupun menonton acara kegemaran mereka. Oleh sebab itu, sebagai anak remaja kita harus menggunakan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. Dan tidak melupakan tugas kita sebagai pelajar. Dimana salah satu tugas pelajar itu adalah membaca. Yang memberikan banyak pengetahuan terhadap diri kita. Walaupun ada TV dan internet, kita juga harus tetap membaca, karena dengan membaca berarti kita dapat membuka jendela dunia.



DAFTAR PUSTAKA

• Santrock,John W. 2007. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
• Munir.2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta






Medan, 09 Februari 2010


Yuanda Novrita Siregar

0 komentar:

Posting Komentar