Tugas Individu 2

MENGENAL LEBIH DEKAT PERKEMBANGAN TEKNoLoGI MELALUI DUNIA PENDIDIKAN ; TUGAS 2
• Perkembangan Teknologi
Seperti yang kita ketahui, bahwa teknologi telah berkembang semakin pesat. Di zaman yang semakin canggih ini, telah banyak ditemukan berbagai jenis teknologi yang dianggap semakin dipermudah saja. Komputer menjadi salah satu perkembangan teknologi tersebut. Pada zaman dulu, komputer adalah sebuah alat yang hanya dapat ditemukan pada suatu ruangan tertentu saja. Artinya, tidak dapat berpindah tempat. Akan tetapi, sekarang ini, komputer dapat ditemukan dimana saja. Di kamar, di ruangan kerja, di kelas, ataupun di dalam mobil. Itu menjadi sebuah perkembangan yang sangat dinikmati oleh masyarakat ini. Dengan adanya komputer yang dapat dibawa kemana saja, atau yang lebih dikenal dengan Laptop, semua pekerjaan menjadi lebih mudah dikerjakan dan dapat dikerjakan dimana saja.
• Pengertian Ubiquitous Computing
Pada awalnya dilakukan dengan komputer besar yang dipakai secara bersama-sama, sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer pribadi. Dimana setiap orang memiliki satu computer masing-masing. Akan tetapi, banyak yang memprediksikan bahwa pada masa depan nanti manusia tidak akan menggunakan komputer pribadi lagi. Pada nantinya akan dikenal dengan nama “Ubiquitous Computing ”. Dimana ubiquitous computing ini menekankan pada lingkungan daripada personal. Ubiquitus computing ini akan berupa dunia pasca-PC. Pasca-desktop model interaksi manusia-komputer dalam pengolahan informasi yang telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam objek dan aktivitas sehari-hari. Perangkat teknologi umum seperti telepon dan perangkat elektronik lainnya akan terkoneksi dengan internet dan tidak menyadari perangkat mana dilingkungan yang terkoneksi. Dan dalam rangka kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" komputasi di mana-mana melibatkan banyak perangkat komputasi dan sistem secara bersamaan, dan mungkin tidak selalu bahkan menyadari bahwa mereka melakukannya.
Pada intinya, semua model dari mana-mana komputasi (juga disebut meresap komputasi) berbagi visi kecil, murah, perangkat pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala sepanjang kehidupan sehari-hari dan biasanya berpaling pada tempat umum jelas berakhir. Demikian juga dengan ubiquitous computing ini, diperkirakan perangkat komputer yang kecil, portable, mobile, dan murah ini akan menggantikan komputer desktop. Dapat dibayangkan, bahwa perangkat komputer baru ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh manusia. Dan tentu saja akan lebih memiliki kelebihan-kelebihan lain daripada computer desktop. Marilah kita tunggu perkembangan baru ini….
• E-Learning
Untuk mengatasi keterbatasan dalam proses belajar dan mengajar, dimana memiliki tradisi tatap muka yang dibatasi ruang dan waktu, maka dibuatlah e-learning untuk mengatasi hal tersebut. Dengan adanya e-learning, para pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan proses belajar mengajar kapan saja dan dimana saja. E-learning (atau pembelajaran elektronik atau eLearning) adalah istilah yang mencakup segala bentuk Technology Enhanced Learning(TEL) atau sangat spesifik TEL jenis seperti online atau web-based learning. Dengan kata lain, e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan media atau jasa bantuan perangkat elektronika. Ini berarti dengan e-learning memungkinkan tersampainya bahan ajar kepada peserta didik menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi berupa computer dan jaringan internet.
Kelebihan e-learning
1. Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi peserta didik, karena dapat berinteraksi langsung.
2. Dapat memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingat seseorang.
3. Adanya kerja sama dengan komunitas online.
4. Menghemat biaya pendidikan.
5. Administrasi dan pengurusan yang tepat.
6. Memiliki jangkauan yang lebih luas
7. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran
Dengan adanya e-learning, para peserta didik dapat lebih mudah untuk mendapatkan bahan ajaran mereka. Serta mereka tidak harus bertemu dengan guru atau dosen mereka. Selain itu, dengan adanya e-learning dapat membantu peserta didik untuk lebih mengetahui teknologi yang sedang berkembang dan bagaimana penggunaan dari teknologi tersebut.
• Ubiquitous computing dan e¬-learning
Seperti yang kita ketahui, bahwa ubiquitous computing adalah masa depan bagi kita. Dimana dengan adanya ubiquitous computing ini dapat mempermudah segala pekerjaan kita nantinya. Perangkat baru ini munngkin lebih cocok dengan dunia pendidikan daripada computer desktop. Selain itu dengan adanya e-learning , itu lebih mempermudah para peserta didik untuk belajar. Sehingga antara ubiquitous computing dengan e-learning memiliki hubungan dalam dunia pendidikan. Melelui dunia pendidikan inilah kedua hal yang sedang berkembang tersebut lebih dapat dirasakan dan digunakan oleh masyarakat. Dimana murid-murid dapat belajar dengan mudah dan lebih murah dalam proses belajar serta dalam membantu para murid untuk membantu mengerjakan tugas mereka. Mereka juga dapat meningkatkan kolaborasi dan memudahkan penggunaan tanpa dibatasi oleh lokasi. Karena ubiquitous computing adalah sarananya sedangkan e-learning adalah prasarananya.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa manusia pada zaman sekarang ini memiliki hugungan yang sangat erat dengan teknologi. Untuk itulah ubiquitous dan e-learning dibuat. Untuk memudahkan para peserta didik belajar tanpa dihalangi oleh ruang dan waktu. Semoga saja hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmu bagi peserta didik pada zaman sekarang. Menggunakan ini adalah contoh yang sangat baik pengetahuan retensi dan proses siklus transfer pengetahuan dan penggunaan data dan catatan.





Daftar Pustaka

• Santrock,John W. 2007. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
• Munir.2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
• en.wikipedia.org/wiki/E-learning - Tembolok
• en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing -



Medan, 25 Maret 2010


Yuanda Novrita Siregar

0 komentar:

Posting Komentar